Selamat Datang Rekanita. Mari bersama Belajar, Berjuang dan Bertaqwa

MATERI KE-IPPNU-AN (MAKESTA)

Materi MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota)

1.      SEJARAH KELAHIRAN IPPNU
-          Berawal dari pesantren
-          Pendiri (Umroh machfudhoh, Atika Murtadloh, Latifah Hasyim, Romlah dan Basyiroh Saimuri)
-          Dasar pemikiran :
Muktamar NU ke-20 tahun 1954
“IPNU adalah satu-satunya pelajar putra NU dan untuk perempuan harus ada organisasi yang terpisah”
-          Konferensi Panca daerah (28 Februari – 5 Maret 1955) Lima cabang IPNU Putri (Surakarta, Malang, Lumajang, Kediri, Yogyakarta)
-          2 Maret 1955/ 8 Rojab 1374 H adalah hari deklarasi IPNU Putri (kelak IPPNU)
2.      CITRA DIRI IPPNU
A.    Visi dan Misi IPPNU
-          Visi IPPNU
Terbentuknya kesempurnaan pelajar putri Indonesia yang bertaqwa, berakhlaqul karimah, berilmu dan berwawasan kebangsaan.
-          Misi IPPNU
1.      Membangun kader Nu yang berkualitas, berakhlaqul karimah, bersikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.      Mengembangkan wacana dan kualitas sumber daya kader menuju tercapainya kesetaraan gender
3.      Membentuk kader yang dinamis, kreatif dan inovatif
B.     Karakter Dasar IPPNU
-          Mabadi Khoiro Ummah
1.      Ash-sidqu (kejujuran)
2.      Al-amanah wal-wafa bil ahdi (dapat dipercaya, setia dan tepat janji)
3.      Al-adalah (bersikap dan bertindak adil dalam segala hal)
4.      Al-istiqomah (keteguhan)
-          Berperilaku ASWAJA
1.      Landasan agama (ucapan, perbuatan sesuai dengan Al-Qur’an, hadist, Ijma’ dan Qiyas)
2.      Nilai-nilai agama
·         Tawasuth dan I’tidal
·         Tawazun (seimbang)
·         Tasamuh (toleran)
·         Amar Ma’ruf nahi munkar
-          Aqidah IPPNU
IPPNU beraqidah Islam menurut faham ahlus sunnah waljamaah dan mengikuti salah satu madzab : Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali
-          Azaz IPPNU
Berazazkan Pancasila
-          Sifat IPPNU
Organisasi kepelajaran, kemasyarakatan dan keagamaan yang bersifat nirlaba
-          Fungsi IPPNU
1.      Wadah berhimpun pelajar PUTRI NAHDLATUL ULAMA umtuk melanjutkan nilai-nilai dan cita-cita pejuangan NU
2.      Wadah komunikasi, interaksi dan integrasi pelajar putri NU untuk menggalang ukuwah islamiyah dan mengembangkan syiar islam ahlussunnah wal jama’ah
3.      Wadah kaderisasi NU pada basis pelajar putri untuk mempersiapkan kader-kader bangsa
4.      Wadah keilmuan
Ø  STRUKTUR ORGANISASI IPPNU
1.      PP IPPNU
2.      PW IPPNU
3.      PC IPPNU
4.      PAC IPPNU
5.      PR/ PK IPPNU
Ø  LAMBANG ORGANISASI IPPNU
Warna hijau                 : melambangkan kesuburan serta dinamis
Warna putih                : kesucian, kejernihan serta kebersihan
Warna kuning              : hikmah yang tinggi/ kejayaan
Segitiga                       : Iman, Islam dan Ikhsan
2 buah garis tepi mengapit warna kuning       : dua kalimat syahadat
Sembilan bintang        : yang diartikan (Nabi Muhammad SAW, 4 bintang sebelah kanan Khulafaur Rosyidin, 4 bintang sebelah kiri 4 madzhab)
Dua kitab                    : Al-qur’an dan hadist
Dua bulu bersilang      : aktif menulis dan membaca untuk menambah wacana berfikir
Dua bunga melati        : perempuan dengan kebersihan pikiran dan kesucian hatinya memadukan dua unsur ilmu umum dan agama
Lima titik diantara I.P.P.N.U.                                    : rukun islam
Ø  MARS IPPNU
Lagu    : Mochtar Embut
Lirik     : Mahbub Djunaidi
Arr       : Nur cholis & M. Thoifur Syairozi

Sirnalah gelap terbitlah terang
Mentari timur sudah bercahya
Ayunkan langkah pukul genderang
S’gala rintangan mundur semua

Tiada laut sedalam iman
Tiada gunung setinggi cita
Sujud kepala kepada Tuhan
Tegak kepala lawan derita

Dimalam yang sepi dihati yang terang
hati ku teguh bagi mu ikatan
Dimalam yang hening dihati membakar
hati ku penuh bagi mu pertiwi

Mekar seribu bunga di taman
Mekar cintaku pada ikatan
Ilmu ku cari amal ku beri
Untuk agama bangsa negeri


3.      HUBUNGAN IPPNU DENGAN NAHDLATUL ULAMA
·         Intern (dalam lingkungan NU) IPPNU sebagai perangkat / badan otonom NU, secara kelembagaan memiliki kedudukan yang sama dan sederajat dengan badan-badan otonom lainnya yaitu memiliki tugas utama melaksanakan kebijakan NU, khususnya yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu. Masing-masing badan yang berdiri sendiri itu hanya dapat dibedakan dengan melihat kelompok yang menjadi sasaran dan bidang garapannya masing-masing. Dan bidang garap IPPNU adalah sebagai organisasi pengkaderan awal di NU.
·         Ekstern (diluar lingkup NU) IPPNU adalah bagian integral dari generasi muda Indonesia yang memiliki tanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan NKRI dan merupakan bagian tek terpisahkan dari upaya dan cita-cita perjuangan NU serta cita-cita bangsa
4.      HUBUNGAN IPPNU DENGAN ORGANISASI PELAJAR LAIN

Sesuai dengan sifat organisasi, bahwa IPPNU adalah organisasi ketrpelajaran yang bersifat nirlaba, memiliki target group (kader) usia 12-30 tahun(pelajar, santri, mahasiswi) dan terbatas pada lingkungan NU. Di tingkat sekolah menengah IPPNU dapat menjadi alternatif organisasi baik intra maupun ekstra (tidah harus menggeser OSIS). Pada pondok pesantren, dapat bekrja sama dengan organisasi santri-santriwati yang ada di pondok pesantren (pada prinsipnya bersaudara dan bermitra / rekan) dan di perguruan tinggi dapat menjadi pilihan dari sekian banyak organisasi kemahasiswaan dengan latar belakang ideologi dan paham agama.

0 comments:

Post a Comment

© 2009 - ippnu bojonegoro 2014 | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top